Sabtu, 10 Desember 2011

Istiqomahlah......

Saudaraku,

Hidup kita ini, sesungguhnya hanya meniti jarak menuju titik kematian. Melewati waktu yang kian lama membawa kita pada keadaan yang makin mendekat dengan maut. Menghabisi sisa usia yang terus menerus berkurang dan kian sedikit, hingga mencapai ajal di akhirnya.



Maka, masalah terbesar dan paling serius dari perjalanan ini adalah, ada di mana kaki kita melangkah. Persoalan yang paling penting selama rentang waktu hidup kita ini adalah, bagaimana perilaku kita hingga kaki ada di ujung batas usia yang tak pernah kita tahu. Orang-orang shalih menyebut proses perjalanan usia yang dilakukan dengan benar hingga ajal dengan ungkapan : Istiqomah.

Ibnu Katsir rahimahullah menyebutkan makna istiqomah adalah sikap lurus dan tetap di dalam ketaatan baik secara keyakinan, perkataan, maupun perangai secara terus-menerus.

Itulah juga yang dipesankan Rasulullah saw, di kala seorang sahabatnya datang bertanya, "Ya Rasulullah, berikanlah aku wasiat yang tidak akan kutanyakan lagi kepada siapapun setelah Engkau sampaikan". Nabi saw menjawab begitu singkat "ittaqillaaha tsumma taqim". "Bertaqwalah kepada Allah, lalu sitiqomahlah".

0 komentar:

Posting Komentar